Selasa, 04 Oktober 2011

PROFIL


PROFIL
MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYATUL BANAT
STATUS : TERAKREDIASI “A”
SIMO SUNGELEBAK KARANGGENENG LAMONGAN


1.      Sejarah Berdirinya Madrasah Ibtida’iyah Tarbiyatul Banat
Pesantren “Matholi’ul Anwar” didirikan pada 18 Januari 1914 oleh K.H. Abdul Wahab. Pada masa tersebut belum berwujud pesantren sebagaimana pengertian sekarang yaitu ada kyai, tempat ibadah, tempat santri dan sarana belajar, namun masih berupa penganjian-pengajian rutin di mana rumah Kyai sebagai tempatnya. K.H. Abdul Wahab kembali ke rohmatullah pada tanggal 12 Maret 1925.
Setelah Founding Father tersebut meninggal, maka pengajian tersebut dilanjutkan oleh putra-putra menantu beliau yaitu KH. Abdullah, KH. Rusman, dan KH. Dja’far. Kepengasuhan beliau bertiga tersebut berjalan hingga tahun 1935.
Adapun semenjak 17 Juli 1935 kepengasuhan pesantren digantikan oleh putra KH. Abdul Wahab yaitu KH. Soefyan Abdul Wahab. Semenjak diasuh oleh KH. Soefyan Abdul Wahab inilah pesantren sedikit demi sedikit mengalami kemajuan dibuktikan dengan dibangunnya sarana prasarana dan santrinya yang semakin hari semakin banyak.
Atas dasar pemikiran KH. Soefyan Abdul Wahab yang berupaya untuk menghilangkan dikotomi pendidikan, maka pada periode selanjutnya didirikanlah lembaga pendidikan formal yakni Madrasah Ibtida’iyah dan kemudian pada tahun 1959 dirikan Madrasah Mu’allimin / Mu’allimat 4 tahun. Seiring dengan perkembangan sistem pendidikan, kemudian sekolah tersebut berganti nama menjadi Madrasah Ibtida’iyah Banin-Banat sampai sekarang dan telah berhasil meluluskan ± 6000 siswa / siswi.

2.      Landasan Hukum Berdirinya MI. Tarbiyatul Banat
Pondok Pesantren Matholi’ul Anwar berada di bawah naungan Yayasan Matholi’ul Anwar yang berkedudukan di desa Simo Sungelebak, Karanggeneng Kabupaten Lamongan. Maksud dan tujuan Yayasan ini sebagaimana disebutkan dalam pasal 4 anggaran dasarnya adalah “Menyebarluaskan syi’ar agama Islam, dengan bergerak secara aktif demi kemajuan bidang pendidikan dan pengajaran, dakwah serta sosial”.  Selanjutnya pasal 5 disebutkan : “Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut di atas Yayasan akan menempuh segala jalan yang sah menurut ketentuan hukum yang berlaku, dengan mendirikan lembaga-lembaga pendidikan”,  termasuk diantaranya :
1.            Pengajian Kitab Kuning;
2.            Madrasah Diniyah;
3.            Tahfidul Qur’an;
4.            Taman Kanak-kanak;
5.            Madrasah Ibtida’iyah / Sekolah Dasar;
6.            Madrasah Tsanawaiyah / Sekolah Menengah Pertama;
7.            Madrasah Aliyah / Sekolah Menengah Atas;
8.            Perguruan Tinggi; ( sekarang bernama UNISDA )
9.            Kursus-kursus ketrampilan dan
10.        Kursus Bahasa Arab dan Inggris.

VISI,  MISI  DAN PROGRAM KERJA SEKOLAH

A.    VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
1.1.  Visi :
Berprestasi, Bermoral, Relegius dan Kreatif
Indikator Visi :
a.       Unggul dalam bidang akademik dan non akademik;
b.      Terwujudnya kebiasaan sopan santun di madrasah;
c.       Terwujudnya siswa yang beriman dan bertaqwa;
d.      Unggul dalam bidang seni dan budaya.
1.2.  Misi :
1.      Mengembangkan pengetahuan di bidang IPTEK, bahasa, olahraga dan seni budaya sesuai dengan bakat, minat dan potensi siswa;
2.      Terwujudnya pembentukan karakter siswa yang mampu mengaktualisasikan diri dalam masyarakat;
3.      Menanamkan keyakinan akidah islamiyah melalui pengamalan ajaran agama yang berdasarkan Ahlussunah Waljamaah;
4.      Mewujudkan kreatifitas siswa dalam bidang seni ( rebana, banjari, MTQ, drum band tari dan olah vokal.

1.3.  Tujuan  :

Tujuan pendidikan dasar secara umum adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Secara khusus tujuan pendidikan di MI. Tarbiyatul Banat adalah :
1.       Dapat mengamalkan ajaran agama  hasil proses pembelajaran dan kegiatan pengembangan diri;
2.       Meraih prestasi kurikuler  maupun kokurikuler minimal tingkat kecamatan;
3.       Menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bekal untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi;
4.       Menjadi sekolah pelopor dan penggerak di lingkungan masyarakat sekitar;
5.       Menjadi sekolah yang diminati di masyarakat.

1.4.  Program Kerja Sekolah
Madrasah Ibtida’iyah Tarbiyatul Banat Simo Sungelebak Karanggeneng Lamongan merupakan salah satu bagian dari lembaga pendidikan dan Perguruan  Agama Islam yang harus berorientasi kepada Sistem Pendidikan Nasional berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, isi dan struktur Madrasah Ibtida’iyah Tarbiyatul Banat selaras dan sesuai dengan keseluruhan Sistem Pendidikan Nasional termasuk dasar dan tujuannya.
Sebagaimana tersebut dalam Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 36 Ayat (2) ditegaskan bahwa kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diverifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik. Atas dasar pemikiran itu maka dikembangkan apa yang dinamakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Sebagai penjabaran dari tujuan pendidikan nasional tersebut secara operasional edukatif, dirumuskan tujuan Madrasah Ibtida’iyah Tarbiyatul Banat sebagai berikut : Dapat mengamalkan ajaran agama hasil proses pembelajaran dan kegiatan pengembangan diri, meraih prestasi kurikuler maupun kokurikuler minimal tingkat kecamatan, menguasai dasr-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bekal untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi, menjadi sekolah pelopor dan penggerak di lingkungan masyarakat sekitar, menjadi sekolah yang diminati di masyarakat.
Salah satu standar keberhasilan tujuan institusional adalah apabila tugas pokok yaitu penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran serta tugas-tugas tambahan yang dapat dilaksanakan dengan tertib dan baik sesuai dengan prinsip-prinsip dan perencanaan program yang berlaku.
Pembuatan perencanaan Program Kerja Madrasah Ibtida’iyah Tarbiyatul Banat ini adalah merupakan salah satu perwujudan dari tata administrasi yang keberadaannya sangat diperlukan, dengan adanya perencanaan program kerja ini diharapkan dapat dijadikan titik awal dan sekaligus sebagai arah untuk melangkah menuju tujuan.
Perencanaan Program Kerja Madrasah Ibtida'iyah Tarbiyatul Banat disusun atas dasar :
1.             Buku Pedoman Administrasi Pendidikan Madrasah Ibtida'iyah yang diterbitkan oleh Kantor Departemen Agama Propinsi Jawa Timur, bidang Pembinaan Perguruan Agama Islam tahun 1989;
2.             Peraturan Pemerintah Nomor 28 tahun 1990 tentang Pendidikan Dasar;
3.             Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 368 tahun 1993 tentang Madrasah Ibtida’iyah;
4.             Hasil Rapat Kerja Guru dan Karyawan Madrasah Ibtida'iyah Tarbiyatul Banat tanggal 30 Juni 2009.

Tujuan penyusunan Program Kerja Madrasah adalah sebagai berikut :
1.             Memberi arah pada tata kerja organisasi madrasah yang tercantum pada Rencana Kerja Madrasah (RKM), agar tujuan dapat tercapai dengan baik, efektif dan efisien;
2.             Sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan pendidikan berupa kegiatan Proses Belajar Mengajar;
3.             Sebagai titik tolak dalam melaksanakan program kerja dan evaluasi pelaksanaan tersebut;
4.             Sebagai laporan madrasah kepada komite sekolah, masyarakat dan instansi lainnya yang terkait.




Adapun Program Kerja Madrasah MI. Tarbiyatul Banat Tahun Pelajaran 2009-2010 diatur sebagai berikut :
No
Jenis Kegiatan
Tujuan
Waktu
Ket
1



















2





3




















4






































5



















6






7
PERSIAPAN TAHUN BARU
a.  Pendaftaran siswa baru
b.  Seleksi calon siswa baru


c.  Daftar ulang siswa (baru dan lama)


d.  Perencanaan kelas


e.  Pembagian tugas dan penyusunan jadwal


f.   Permulaan hari efektif



PERMULAAN TP.  BARU
a.  Pengisian Data Siswa Baru

b.  Pengisian Buku Induk


PROSES BELAJAR MENGAJAR
a.  Insentitas program, pembuatan silabus dan RPP

b.  Penyelenggaraan PBM




c.  Supervisi



d.  Ekstra Kurikuler






EVALUASI BELAJAR
a.  Evaluasi Semester
-    Pendaftaran



-    Biaya


-    Pelaksanaan




-    Memasukkan nilai


-    Pembagian LHBS


b.  Ujian Akhir Sekolah
-    Pendaftaran


-    Biaya


-    Pelaksanaan

-    Memasukkan nilai


-    Pembagian STTB






KEGIATAN PENUNJANG
a.  Pelaksanaan BP/BK


b.  Rapat Dewan Guru


c.  Rapat Wali Murid





d.  Upacara Bendera

e.  PHBI – PHBN

f.   Porseni


PENINGKATAN MUTU GURU
a. Pertemuan Guru Bidang Studi / MGMP

b. Penataran Guru Bidang Studi / Work Shop

LAPORAN

-       Menerima siswa baru
-       Menyeleksi siswa baru dan dilkelompokkan sesuai dengan kelasnya
-       Mengetahui jumlah siswa seluruhnya
-       Mengetahui jumlah siswa yang drop out/masuk
-       Mengatur kelas sesuai dengan keadaan jumlah siswa
-       Mengatur tugas guru sesuai dengan job discripsinya
-       Mengatur jam tambahan
-       Menyusun program kerja
-       Mengatur tempat duduk siswa
-       Menempelkan jadwal di tiap-tiap kelas

-       Mengetahui data siswa secara lengkap
-       Memasukkan data siswa ke buku induk sesuai dengan abjadnya


-       Menganalisa program pembelajaran sebagai langkah awal PBM
-       Siswa mampu menyerap materi pembelajaran minimal sesuai dengan KKM yang ditetapkan sekolah
-       Membantu guru dalam PBM
-       Mengetahui tata kerja guru dan karyawan

-       Memberi jam tambahan, keterampilan, seni dan penmgembangan diri sesuai kurikulum yang ditetapkan satuan pendidikan




-       Mengetahui daya serap siswa terhadap materi pelajaran
-       Mengetahui keadaan siswa
-       Siswa dapat membayar sesuai dengan yang ditentukan
-       Siswa mengetahui tanggal dan waktu pelaksanaannya
-       Mengetahui daya serap siswa

-       Memasukkan nilai semester (ganjil-genap) ke dalam buku induk
-       Siswa mengetahui daya serap pelajaran selama I semester

-       Mengetahui siswa yang mengikuti dan yang berhalangan
-       Siswa dapat membayar / melunasi biaya ujian sesuai dengan yang ditentukan
-       Siswa mengetahui tanggal dan waktu pelaksanaannya
-       Mengetahui daya serap siswa
-       Mengetahui peringkat siswa
-       Pengarahan oleh Kepala Sekolah berkenaan dengan tindak lanjut sekolah lanjutannya
-       Siswa mengetahui daya serap pelajaran selama 1 tahun

-       Membantu siswa dalam menyelesaikan masalahnya

-       Mengevaluasi PBM, baik kurikuler maupun ekstra kurikuler
-       Meningkatkan peran serta masyarakat dalam satuan pendidikan sebagai wujud dari MBS
-       Melaporkan keadaan dan perkembangan sekolah
-       Melatih siswa dalam kedisiplinan
-       Memperingati hari besar Islam dan Nasional
-       Mengevaluasi bakat dan prestasi siswa
-       Menambah pengalaman

-       Menambah pengetahuan, pengalaman serta ketrampilan guru
-       Meningkatkan  profesionalisme guru

-       Melaporkan semua kegiatan sekolah kepada Komite Sekolah, wali murid atau pihak yang terkait

Juli 2009
Juli 2009


Juli 2009

Juli 2009

Juli 2009


Juli 2009

Juli 2009
Juli 200
Juli 2009

Juli 2009


Juli 2009

Juli 2009




Juli 2009


Juli 2009
s.d.
Desember 2009

Juli 2009
s.d.
Desember 2009
Juli 2009
s.d.
Desember 2009





Jan. 2010 dan
Mei 2010
sda
sda


sda

Jan. 2010
Dan Mei 2010
Jan. 2010 dan Juni 2010
sda



Maret 2010


sda


April-Mei
2010
Juni 2010


Juli 2010



sda



Juli 2009
s.d.
Juni 2010
Awal bulan


Akhir smt.



sda

tiap bulan

lihat kalender
lihat jadwal



Insidental


sda


Juli 2010

B. DATA POTENSI KELEMBAGAAN
1.       Nama Sekolah/Madrasah                          : MI. TARBIYATUL BANAT
2.       Nomor Statistik                                        : 112352418357
3.       Alamat                                                      : Simo Sungelebak Karanggeneng Lamongan
                                                                          Kode Pos 62254 Telp. (0322) 393253
4.       Berdiri                                                      : 1 Januari 1949
5.       Akreditasi                                                 : A
6.       Nomor Rekening & Atas Nama               : 33-22-6712/62862000014422
                                                                          MI. TARBIYATUL BANAT
                                                                          SUNGELEBAK KARANGGENENG
7.       Kondisi Sarana Prasarana                         :

a.      Ruang Kelas
No
Kelas
Kebutuhan
Tersedia
Kurang
1
I
2 Lokal
2 Lokal
0 Lokal
2
II
2 Lokal
2 Lokal
0 Lokal
3
III
2 Lokal
1 Lokal
1 Lokal
4
IV
2 Lokal
1 Lokal
1 Lokal
5
V
2 Lokal
1 Lokal
1 Lokal
6
VI
2 Lokal
1 Lokal
1 Lokal

b.      Jumlah Siswa  =  144 siswa.
Nomor

Kelas

Laki-laki
Perempuan
Jumlah Siswa
1
I
-
26
26
2
II
3
17
20
3
III
4
23
27
4
IV
9
19
28
5
V
-
22
22
6
VI
-
21
21

Jumlah

16
128
144




c.       Jumlah Guru   =  23 orang
No.

Nama

Mengajar
Bidang  Studi
Kelas
Pengalaman
Mengajar
(Th)
Ket
1
Zainab Shofyan, Hj., Dra
Fiqih, Aqidah, B. Daerah
3,4,5,6
29

2
Shofiyah, Hj., A.Ma
Bhs. Indonesia, Al-Qur’an, PKn
3,4,5,6
26

3
Ahmad Farhan, Drs.
SKI, Aswajah
3,4,5,6
33

4
Sami’atun
Aqidah, Fiqih
1
26

5
Masduqi, S.Pd
Sains, Kertakes
4,5,6
23

6
Moh. Askan, SH
PKn, IPA, Matematika
3,4,5
19

7
Niswami, S.Pd.
B. Indo, Bhs. Arab
3,4,5,6
18

8
Saikhunah, A.Ma
Guru Kelas
2
17

9
Ismaroh, A.Ma
IPS, Penjaskes
3,4,5,6
14

10
Munir, S.Pd.
Matematika
5,6
10

11
Zussofa H. Kumala, S.Ag.
IPS
3
9

12
Ajemain, S.Pd.
Bahasa Inggris
3,4,5,6
9

13
Hidayatun Naharoh, S.Pd
Guru Kelas
1
5

14
Hanik Afifah, S.TP
PKn, IPS, TIK, B. Indo
1,2,3
3

15
Fauzan F. Rosyid, S.S.
Bhs. Inggris, Fiqih
1,2,3
3

16
Umu Qoiyimah, A.Ma
B. Indo, B. Daerah
1, 2,3
3

17
Khusnul Khotimah, S.Pd
MTK, Al-Qur’an
1, 2,3
3

18
Asma’ul Husnah, S.Pd
MTK, IPA, Penjaskes
1, 2,3
3

19
Ziyanatud Diyana I.R., S.Pd
B. Inggris, B. Arab, Fiqih
1, 2,3
3

20
Pakeh Hasim, S.Si
IPA
2,3
3

21
Mufidatul Munawaroh, S.Psi
Aqidah, SKI, PKn
1,2,3
2

22
Teti Nidia
Kertakes
1,2,3
2

23
Catur Wibisono, S.Pd
Sempoa
1,2,3
3



d.      Tenaga Administrasi : 5 orang
No.
Nama
Jabatan
Lama Tugas
(Th)
1
Moh. Alisun
Ka. TU & sarpras
2
2
Hidayatun Naharoh, S.Pd
Adm. Akademik
5
3
Khusnul Khotimah, S.Pd
Adm. Kesiswaan
3
4
Sami’atun
Adm. Keuangan
26
5
Siti Isro’iyah
Adm. Perpustakaan
0

e.       Data Tanah dan Bangunan Gedung MI. Tarbiyatul Banat
a.       Luas Tanah dan Bangunan :
Status
Luas Tanah

Penggunaan

Pemilikan
Seluruh
Bangunan
Halaman
Lap. OR
Kebun
Lain-2
Milik
Sertifikat
3045 
4509 m²
450 
450 m²
-  
1545 m²
Blm. Sertf.
-  
-  
-  
-  
-  
-  
Bukan Milik
-  
-  
-  
-  
-  
-  

f.       Fasilitas Penunjang
1.      Jumlah Mebeler :
No.
Jenis Mebeler
Jumlah
Keterangan
1
Almari Kantor
3 buah
@ P = 2 m²
2
Almari Guru
1 buah
@ 20 set kotak
3
Meja Pimpinan
2 buah
@ P = 1,5 m²
4
Meja Kantor
3 buah
@ P = 2,5 m²
5
Kursi Tamu
10 set

6
Kursi Istirahat
13 set

7
Meja Komputer
5 buah

8
Meja Perpustakaan
1 buah


2.      Jumlah Alat-alat :
Alat-alat yang dimiliki meliputi alat-alat kantor, alat pembelajaran, buku perpustakaan dan unit-unit ketrampilan ( Seni / Samroh dan Srum Band ).
Jumlah dan data alat-alat tersebut sebagai berikut :
No.
Jenis Alat
Jumlah
Keterangan
1
Komputer
5 unit

2
Peralatan Lab. Bahasa :
a.          DVD
b.         TV  21 inc
c.          Tape Rocorder

1 buah
1 unit
1 unit

3
Buku Perpustakaan :
a.         Buku Paket
b.         Buku Bacaan

15 judul
50 judul

5.512 Buku
200 buku

3.      Bidang Usaha :
Dalam menunjang pembangunan sarana pra sarana, Madrasah Ibtida’iyah Tarbiyatul Banat  mengelola beberapa macam bidang usaha diantaranya :
1. Kantin Sekolah;
2. Koperasi Sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar